Assalamu'alaikum

Welcome to my blog..
Hello!!..my name is Rega,!
Respect me and my blog please..
If you like this blog, please follow this blog and leave your comment..
thanks ^.^

Jumat, 09 Desember 2011

10 Fakta Sehat Tentang Kopi


Kopi, seperti halnya anggur merah, merupaka
n minuman yang dapat memberikan manfaat walaupun membahayakan kesehatan. Karena kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan dan dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan adrenalin, dan meningkatkan level kortison Anda, dengan stimulan yang meningkatkan hal-hal ini maka lahirlah pro dan kontra mengenai kopi.


Untuk mempelajari lebih lanjut tentang dampak kesehatan dari kopi, berikut adalah 10 fakta kesehatan tentang kopi.

1. Mengurangi Resiko Berkembangnya Penyakit Alzheimer

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di European Journal of Neurology menunjukkan bahwa mereka yang minum sekitar 2 cangkir kopi setiap hari memiliki resiko lebih sedikit akan berkembangmya penyakit Alzheimer bila dibandingkan dengan mereka yang hanya meminum secangkir kopi sehari atau bahkan kurang.

2. Memiliki Kinerja Kognitif Yang Lebih Baik

Mungkin ada alasan lain mengapa pelajar menyingkirkan kopi selama sesi belajar larut malam mereka – mereka yang meminum kopi secara teratur memiliki daya ingat jangka pendek yang lebih baik sebagaimana memori verbal dan juga tes penalaran logis mereka.

3. Meningkatkan Konstipasi

Selain kopi merupakan stimulan (perangsang) dan karenanya dapat merangsang isi perut, kopi juga dapat menjadi diuretik, yang berarti dapat mendehidrasi tubuh dan berkontribusi pada sembelit. Bagaimanapun juga, praktisi pengobatan alternatif sering meresepkan enema kopi untuk membersihkan usus besar.

4. Antioksidan

Kopi mengandung sejumlah antioksidan, terutama methylpyridinium yang terbentuk selama proses pemanggangan.

5. Meningkatkan Kecemasan Atau Masalah Tidur

Mereka yang menderita kecemasan atau insomnia sebaiknya tidak meminum produk kopi maupun kafein dalam jumlah besar, terutama di tengah hari. Karena kopi bersifat merangsang, kopi dapat membuat Anda terjaga dan membuat Anda gelisah jika mengkonsumsinya secara berlebihan.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Parkinson

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa para peminum kopi berat, mereka yang meminum lebih dari 3 cangkir dalam sehari, memiliki resiko yang lebih kecil untuk mengembangkan penyakit Parkinson jika dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum kopi.

7. Meningkatkan Kolesterol

Resiko kesehatan dengan meningkatnya kolesterol hanya berlaku untuk kopi yang diseduh dengan pers Prancis. Kopi yang dibuat dengan kertas biasa lalu disaring untuk memisahkan minyak alami kopi tidak menyebabkan resiko tinggi akan kolesterol.

8. Mengurangi Resiko Gout

Berkat sifat kopi yang diuretik dan merangsang, para peminum kopi reguler memiliki resiko yang lebih kecil untuk menderita gout pada pria.

9. Noda Pada Gigi

Kopi akan meninggalkan noda pada gigi Anda. Meskipun hal ini tidak beresiko terhadap kesehatan, namun dapat mempengaruhi gigi dan juga enamel alami gigi Anda. Tak diragukan lagi dokter gigi Anda secara rutin akan selalu mengingatkan Anda tentang kelemahan ini.

10. Pembunuh Rasa Sakit

Jika Anda membaca kandungan yang terdapat dalam obat penghilang rasa sakit, Anda akan melihat bahwa obat tersebut mengandung kafein. Hal ini dikarenakan kopi dan kafein meningkatkan efektivitas dari obat ini meskipun Anda harus tetap berhati-hati agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

2 komentar:

  1. lai jo manfaat nyo mah. yang pernah sa danga cuma keburukan nyose nyo. hehe

    BalasHapus
  2. makonyo..
    baco postingan ga dih..
    nambah kan ilmu sa..
    hahahahaha

    BalasHapus